Firefox 4 Launching Party @ De Luna Cafe

diambil di http://www.flickr.com/photos/kmonoarfa : De Luna Cafe

wah sy tidak konsisten sepertinya di minggu ini, sy tidak bisa nge-post sekali dalam 2 hari.  Postingan kali ini sy buat hanya untuk memenuhi janji sy, walaupun agak telat.

3 hari terakhir ini sy benar-benar sibuk tidak jelas, alias banyak kegiatan yang tidak jelas, ditambah banyak beban pikiran yang sedang melanda otak sy, sy jadi jarang berkomunikasi juga dengan  beberapa orang terdekat, hanya karena sy tidak bisa mengatur  waktu sy dengan baik.

Sebenarnya saya juga ingin menonton pertandingan Bola Basket yang diadakan oleh UKM Basket Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan perusahaan rokok LA. Akan tetapi masih banyak yang harus dikerjakan. Seperti harus ngeposting blog, karena sy mencoba untuk melakukan aktivitas ini sekali dalam 2 hari. Akan tetapi sy tidak menepatinya. hiks hiks…Entah siapa yang yang membacanya. Ini demi belajar menulis dengan baik.

Kembali ke topik, hari Jumat kemarin 6 Mei 2011, Komunitas AngingMammiri menjadi fasilitator dalam acara Firefox 4 Launching Party. Acara ini diadakan di De Luna Cafe & Resto yang terletak di Jl. Jendral Ahmad Yani No. 37 A-B, berdekatan dengan Makassar Trade Centre (MTC).  Acara ini direncanakan akan dimulai pada jam 19.00 Waktu Indonesia Tengah. Akan tetapi, seperti biasa, budaya telat masih  saja terjadi. Budaya yang harus dihilangkan! ( sy juga lagi belajar 🙂  )

Acara ini menghadirkan orang-orang berikut sebagai pembicara  :

  1. David Adler Anderson – JS Engine / Firefox Engineerm, dia masih muda loh, haha..malah dalam postingan tweeter di Anging Mammiri yang ditampilkan langsung, ada yang bilang ” ada kakak Justin Bieber katanya haha”, liat aja di foto pembicara dibawah. Mirip gak ?
  2. Joshua Aas – Mac Platform Firefox Developer.
  3. Irayani Q. Putri #idmoz (komunitas mozilla firefox Indonesia),

Khusus buat Irayani Q. Putri ini sy salut banget lah sama dia. Dia banyak terlibat dalam beberapa komunitas. Hal ini terbukti dengan dia menjadi pembicara lagi untuk kota Makassar mewakili komunitas mozilla firefox Indonesia. Perempuan yang berprofesi sebagai dokter gigi ini juga merupakan  pelopor pembentukan komunitas Anging Mammiri. Bisa  dilihat sejarah Komunitas Anging Mammiri disini nih.

diambil di http://www.flickr.com/photos/kmonoarfa :  Foto pembicara Lauching Party Firefox 4 di De Luna Cafe

Perempuan sebelah kiri itu bernama Irayani Q Putri. Kemudian bule muda dengan model rambut mirip Justin Bieber itu adalah David Adler Anderson, kemudian yang satunya lagi itu Joshua Aas.

Firefox versi ini sudah banyak diunduh oleh pemakai internet di Indonesia. Firefox 4 ini tentunya menawarkan kecepatan yang lebih dibandingkan versi sebelumnya. Bagi pengguna windows 7, tampilan firefox akan terlihat mirip dengan google chrome yang lebih sederhana.  Sy mendengar sendiri dari salah satu pembicaranya David Adler Anderson mengatakan bahwa mereka memperbaiki javascript pada Mozilla Firefox 4 ini, sehingga lebih cepat dan untuk keperluan membuka file flash. Daripada menjelaskannya seperti ini dan seperti itu, sebaiknya langsung ke TKP aja, maksudnya, langsung aja download disini dan langsung digunakan.

Mozilla pun akan meluncurkan firefox 5 dalam tahun ini, kalau tidak salah tanggal 21 Juni 2011. Jadi ditunggu aja yah firefox 5 nya. Project Firefox 5 ini disebut dengan project Aurora. Sy mendapatkan hadiah souvenir berupa baju di acara ini karena bisa menjawab pertanyaan, tentang nama project Firefox 5 ini. Sayangnya, baju ini ternyata baju cewek. Walaupun bajunya tipis banget (kualitas rendah dari  Chambers Distro  Makassar). Kasian banget, sy dikira cewek oleh tukang ngasi hadiahnya. TT. Dan ada lagi project firefox 6 yang sy lupa apa namanya.

Pihak Mozilla juga telah membuat browser mini untuk handphone. Browser ini hanya baru bisa digunakan di sistem Android dan Maemo . Banyak yang mempertanyakan mengapa hanya baru bisa di sistem tersebut ? Pihak Mozilla mengatakan bahwa terdapat berbagai macam kendala, salah satunya adalah belum ada kerjasama dengan pengembang beberapa jenis handphone dengan sistem tertentu. Akan tetapi mereka mengupayakan browser mini Firefox ini bisa digunakan oleh handphone dengan sistem lainnya juga, bukan hanya Android dan Maemo saja. Amin. Ditunggu yah pengembangannya. Review dari Mozilla Mobile ini bisa dibaca disini. Bagi sy menganalisa acara yang diadakan oleh Mozilla ini, sepertinya  untuk memperkenalkan tentang Mozilla Mobile ini. Sebab ini merupakan hal yang sangat baru, setelah Opera Mini telah merajai pasar browser untuk mobile.

Banyak yang mendaftar untuk ikutan acara ini melalui pendaftaran online. Akan tetapi realita yang datang jauh lebih sedikit. Namun tetap saja, acara ini tetap meriah.  Tak apalah menurutku, soalnya makanan jadi berlebih. Bisa makan banyak upps. sayang saya gak nambah, malu2 soalnya hahaha..

Komunitas Anging Mammiri mengundang komunitas DaengKops Makassar, komunitas pengguna koprol Makassar, yang biasa disingkat DaengKops.  untuk mengikuti acara ini juga. Sehingga sy secara  tidak sengaja bertemu dengan lulusan Teknik Sipil ITB, yang biasa dipanggil kak Ahmad yang juga bergabung dengan komunitas DaengKops ini. Dia tidak mengikuti acara ini. Dia hanya datang untuk menemani beberapa temannya yang ada di komunitas DaengKops. Dan akhirnya sy bisa berkenalan dengan lulusan STMIK Dipanegara  yang dipanggil Athonk.  Athonk ini sudah bekerja di perusahaan Indosat cabang Makassar. Namun ia memilih resign (berhenti) karena alasan matanya yang biasa sakit karena terlalu lama di depan komputer. Sy  hanya bertukar nomor handphone dengan dia dan belum kontak-kontakan lagi sama dia.

Sy pulang acara ini sekitar jam 10 malam dengan sedikit kenakalan, yaitu tidak membayar uang parkir. Langsung tancap gas motor. Padahal tukang parkirnya lagi menunggu uang Rp. 1000 dari kantong sy. Tukang Parkirnya langsung berteriak, woi.. hahaha. Di jalan dekat Taman Makam Pahlawan sy mengira akan melihat cewek cantik, eh ternyata “banci jijai” yang siap mencari mangsa..hahaha..wah perlu diteliti nih, kenapa bisa ada banci di sana? apakah sudah beralih dari tempat dulu, yaitu dari Lapangan Karebosi Makassar ke areal Taman Makam Pahlawan ?

diambil di http://www.flickr.com/photos/kmonoarfa : Foto seusai acara

Orang yang yang paling bawah kiri , mengenakan tas dan jaket hitam, berbaju hitam, adalah sy. Dan orang yang paling bawah kanan dengan tangan lambang peace (2 jari) adalah Athonk.

Untuk melihat foto-foto dari kegiatan ini bisa dilihat di Flickr disini. Review acara ini bisa dibaca  di http://www.angingmammiri.org yang ditulis oleh Daeng Gassing, Author  komunitas Anging Mammiri, linknya ini nih.

Advertisements

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Daily Life, Komunitas. Bookmark the permalink.

4 Responses to Firefox 4 Launching Party @ De Luna Cafe

  1. rara says:

    huaaaa makasih ya dah datang hehehe.. terus gunakan firefox ya sebagai browser utama 😀
    *promosi mode on hahahaha 😀

  2. unggulcenter says:

    mantab emang yang namanya dokter gigi tersebut hehe.. yu now wat, jepretan kameranya keren2 juga loh kalau dia jalan2!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s