Asal Kata Onani

Onani yang bahasa medisnya Coitus Interruptus : penarikan penis dari vagina sebelum ejakulasi (Kamus New Collins). Tetapi lebih dikenal di kalangan pria dengan kegiatan yang merangsang keluarnya air mani yang dilakukan sendiri oleh laki-laki tanpa berhubungan badan dengan seorang wanita, dan hanya dengan menggunakan tangan ternyata mempunyai kisah tersendiri.

Sy membaca buku  “The Choice between Islam and  Christianity” by Ahmad Deedat versi bahasa Indonesia dan dari buku ini tertulis bahwa Onani berasal dari kata Onan.

Diceritakan bahwa ada orang bernama Yehuda, memiliki 3 orang anak Er(anak pertama), Onan (anak kedua), dan Syela (anak ketiga). Kemudian Er menikah dengan Tamar. Er kemudian meninggal. Er dan Tamar tidak memiliki anak. Yehuda kemudian menyuruh Onan, anak keduanya, untuk menikah dengan janda almarhum kakaknya, karena dia meninggal tanpa mempunyai anak. Ini dikarenaka  prinsip bangsa Yehuda bahwa nama seseorang tidak boleh hilang. Harus ada yang menggantikannya. Yehuda mengatakan kepada Onan: “hampirilah istri kakakmu itu, dan bangkitkanlah keturunan  bagi kakakmu”. Tetapi onan tahu, bahwa bukan ia yang empunya keturunannya nanti (anak tersebut tidak akan membawa namanya); Sebab itu setiap kali ia menghampiri istri kakaknya, Tamar, ia membiarkan maninya terbuang, supaya ia jangan memberikan keturunan kepada kakaknya. Tuhan pun akhirnya membunuh Onan atas rasa irinya ini.

Wah sy  tidak menyangka, kata onani yang merujuk kepada perbuatan penuh fantasi yang hampir semua laki-laki melakukan kegiatan ini berasal dari peristiwa ini.  Ada yang mempunyai versi lain dari mana kata onani ini ?

Advertisements

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Mungkin Anda Tahu. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s