Rossi : Masihkah Mampu Bersaing ?

Minggu malam 15 Mei 2011, stasiun televisi swasta Trans 7 menayangkan  pertandingan MotoGP di sirkuit Le Mans Perancis. Ini adalah  program tv yang paling sy senangi dari Trans 7. Sy yang tidak memiliki televisi akhirnya meminta izin ke tetangga yang memiliki televisi  untuk menonton acara ini di kamarnya. Kebetulan tetangga saya, Muzakkir, yang sementara menyusun skripsi di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin ini senang juga menonton acara ini.

Sy tidak menyaksikan lap-lap pertama dari balapan ini. Saat di awal menonton acara ini sy mendapatkan Rossi berada di posisi 6 dibelakang Dovisiozo. Posisi pertama Stoner (Repsol Honda Team, Australia, 27,  25 tahun), kemudian disusul oleh  Pedrosa (Repsol Honda Team, Spanyol, 26, 25 tahun),Simoncelli (San Carlo Honda Gresini, Italia, 58, 24 tahun), Lorenzo (Yamaha Factory Racing, Spanyol, 1, 24 tahun), Dovisiozo (Repsol Honda Team, Italia, 4, 25 tahun), kemudian Rossi (Ducati Marlboro Team , Italia, 46, 32 tahun). Sy bertanya kepada Muzakkir, “Rossi start dari posisi berapa?”. Dia menjawab “Rossi  start dari posisi ke 9”.

Kira-kira dipertengahan balapan, Dovisiozo akhirnya melewati Lorenzo. Kemudian Rossi pun melewati Lorenzo di beberapa lap kemudian. Akhirnya Rossi berada pada posisi ke 5 sekarang. Kemudian beberapa lap kemudian Rossi akhirnya melewati Dovisiozo kemudian berada pada posisi ke 4. Di lihat dari balapan saat itu. Posisi 1, 2, dan 3 sudah tidak terkejar lagi. Karena sudah jauh berada di depan. Posisi ke-3 dan posisi ke-4 mungkin terpaut 4 detik.

Namun ada kejadian yang membuat hal ini berubah di lap-lap terakhir balapan ini.  Simoncelli yang berada pada posisi ke 3 akhirnya melewati Pedrosa yang berada pada posisi ke 2. Kemudian Pedrosa melewati Simoncelli beberapa saat kemudian. Kemudian  ditikungan  Simoncelli melewati  Pedrosa dengan posisi yang membahayakan. Dan akhirnya membuat pedrosa terjatuh dari balapan dan tidak bisa lagi melanjutkan race balapan. (sayang banget hiks hiks).

 Beberapa saat kemudian panitia penyelenggara MotoGP kemudian mengumumkan bahwa Simoncelli melakukan pelanggaran. Dan harus mendapatkan penalti. Hal itu membuat Simoncelli harus keluar dari balapan untuk sementara waktu. Hal itu tentunya menguntungkan bagi Rossi dan Dovisiozo, karena otomatis pada saat itu Rossi langsung berada  pada posisi ke-2. Beberapa saat kemudian Dovisiozo melewati Rossi. (yah sayang banget). Pada lap ke- 3 dari terakhir, Rossi berhasil melewati Dovisiozo di tikungan. Namun Dovisiozo melewati Rossi lagi dalam hitungan setengah detik di tikungan itu juga. Rossi pun mencoba mengejar lagi, namun Dovisiozo nampaknya terlalu hebat, dan tetap mempertahankan posisi ke 2 hingga finish.

Ini untuk kedua kalinya Dovisiozo mengalahkan Rossi dalam balapan MotoGP ini. Sebab, balapan minggu lalu di seri Estoril Portugal 2011 ini, Dovisiozo pun berhasil menggeser Rossi ke posisi 5.

Hal yang menyenangkan yaitu Rossi naik ke podium untuk pertama kalinya dalam MotoGP 2011 ini. Walaupun hanya berada pada posisi ke-3. Pada balapan MotoGP Jerez Spanyol, 3 April 2011 Rossi finish di urutan ke-5. Begitupun di MotoGP Estoril Portugal 1 Mei 2011,  Rossi  juga finish di urutan ke-5. Pada balapan pertama di sirkuit Losail  Qatar, Rossi finish di urutan ke- 7.

Berikut Klasemen MotoGP 2011:

  1. Jorge Lorenzo (Spanyol) Yamaha Factory Racing – 78 point
  2. Casey Stoner (Australia) Repsol Honda Team – 66 point
  3. Dani Pedrosa (Spnyol) Repsol Honda Team – 61 point
  4. Andrea Dovizioso (Italia) Repsol Honda Team – 50 point
  5. Valentino Rossi (Italia) Ducati Team – 47 point
  6. Nicky Hayden (USA) Ducati Team – 39 point
  7. Hiroshi Aoyama (Jepang) San Carlo Honda Gresini – 36 point
  8. Marco Simoncelli (Italia) San Carlo Honda Gresini – 22 point
  9. Cal Crutchlow (Inggris) Monster Yamaha Tech 3 – 21 point
  10. Colin Edwards (USA) Monster Yamaha Tech 3 – 21 point
  11. Hector Barbera (Spnyol) Mapfre Aspar Team MotoGP – 21 point
  12. Ben Spies (USA) Yamaha Factory Racing – 20 point
  13. Karel Abraham (Czech Republic) Cardion AB Motoracing – 18 point
  14. Toni Elias (Spanyol) LCR Honda MotoGP – 17 point
  15. Loris Capirossi (Italia) Pramac Racing Team – 9 point
  16. Alvaro Bautista (Spanyol) Rizla Suzuki MotoGP – 7 point
  17. John Hopkins (USA) Rizla Suzuki MotoGP – 6 point
  18. Randy de Puniet (Perancis) Pramac Racing Team – 6 point

Berikut adalah point yang diperoleh berdasarkan posisi.

  • Posisi ke-1 point yang diperoleh 25.
  • Posisi ke-2 point yang diperoleh 20
  • Posisi ke-3 point yang diperoleh 16
  • Posisi ke-4 point yang diperoleh 13
  • Posisi ke-5 point yang diperoleh 11
  • Posisi ke-6 point yang diperoleh 10
  • Posisi ke-7 point yang diperoleh 9
  • Posisi ke-8 point yang diperoleh 8
  • Posisi ke-9 point yang diperoleh 7
  • Posisi ke-10 point yang diperoleh 6
  • Posisi ke-11 point yang diperoleh 5
  • Posisi ke-12 point yang diperoleh 4
  • Posisi ke-13 point yang diperoleh 3

Informasi tentang race MotoGP bisa dilihat di situs utamanya http://www.motogp.com/.

Bila kita mencoba menganalisis berdasarkan klasemen sementara dan nilai yang diperoleh berdasarkan posisi. Maka nampaknya Rossi, the Doctor (julukan buat Rossi) kesulitan di tahun ini untuk menjuarai MotoGP 2011. Walaupun balapan motoGP masih menyisakan 14 race lagi.

Mungkin Rossi bisa menjadi juara  jika Lorenzo out 2 kali balapan. Pedrosa out 1 kali. Stoner 1 kali. Dan Rossi naik podium terus selama balapan. Hahaha….

Berikut alasan yang mungkin membuat Rossi tidak mampu bersaing di MotoGP tahun ini :

Performansi Motor ?

Rossi, yang memiliki jumlah fans yang sangat banyak di Asia ini, termasuk sy sendiri, dalam balapan MotoGP kali ini belum memberikan hasil maksimal. Sy tidak mengetahui apakah ini masih terkendala dalam motor barunya. Banyak rumor yang beredar mengenai kepindahan Rossi dari Yamaha ke Ducati. Salah satu rumor yang saya dengar, sewaktu berada di Fiat Yamaha Team. Dia dianaktirikan. Karena mesin baru keluaran Yamaha (ups tidak tahu nama mesinnya), dikhususkan untuk Lorenzo saja. Bahkan Rossi tidak pernah mencoba mesin baru itu. Dan ini membuat Rossi harus pindah ke Ducati.  Tapi itu kan baru rumor hehe..Dan masih banyak lagi rumor yang lainnya.

Balapan seperti ini tentunya dipengaruhi oleh 3 faktor secara besar.

  1. Teknik dari pembalap itu sendiri
  2. Pengusaan pembalap terhadap motor yang dikendarai.
  3. Kinerja dan kecepatan maksimal dari motor yang ditunggangi oleh pembalap.

Kita berharap saja motor Ducati milik Rossi kali ini memiliki performance yang baik sehingga bisa bersaing dengan motor team lainnya.

Umur yang sudah tua

Rossi, The Doctor sekarang sudah berusia 32 tahun. Mungkin saja, prestasinya sudah mulai menurun disebabkan oleh umurnya yang sudah semakin bertambah. Rossi sudah mau tua hihi..

Misteri Angka 7

Saya juga tertarik untuk menyinggung mengenai misteri angka 7 ini dalam dunia balap. Sangat sulit untuk melewati rekor 7 kali juara dunia tentunya. Hal ini terbukti juga dalam dunia balapan mobil, Formula 1. Kita ketahui bahwa Michael Schumacher juga hanya bisa mencetak rekor 7 kali juara dunia dalam Formula 1, F1 (baca : F  one).

Balapan MotoGP 2011  kali ini semakin seru. Beberapa pembalap pindah dari motor yang satu ke motor yang lain. Seperti Stoner yang dulunya Ducati akhirnya pindah ke Honda. Rossi yang dulunya Yamaha, pindah ke Ducati. Selain itu  SimonCeli yang kata Muzakkir, gaya balap dia seperti Rossi mulai menunjukkan kebolehannya. Simoncelli baru saja ikut MotoGP pada  tahun 2010 kemarin dan berada pada posisi ke-8 hingga akhir balapan MotoGP. SimonCelli yang pernah menjadi juara dunia  kelas 250 cc  dengan motor Gilera di tahun 2008 ini memberi warna tersendiri dalam dunia motoGP 2011 kali ini. Sayangnya Simoncelli out 2 kali, yaitu pada balapan MotoGP Jerez Spanyol, 3 April 2011, dan MotoGP Estoril Portugal 1 Mei 2011.  Marco Melandri pindah ke SuperBike di tahun ini, jadi tidak meramaikan lagi MotoGP 2011. Mungkin dikarenakan karir Melandri yang tidak membaik selama 2 tahun terakhir. Melandri hanya finish di posisi ke-10 sampai di akhir musim tahun 2009 dan tahun 2010.  Kita menantikan legenda  baru tercipta lagi setelah masa Rossi. Mungkin saja Stoner, Pedrosa, atau Lorenzo, atau Simoncelli.

Aniway, bagi yang memiliki hobi yang sama yaitu menonton MotoGP di Makassar. Ajak sy dong, nonton MotoGP bareng-bareng. Kalau gak punya televisi, berarti nasib kita sama hahaha..

Advertisements

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Sport. Bookmark the permalink.

2 Responses to Rossi : Masihkah Mampu Bersaing ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s