Selamat Hari Lahir (Birth Day ) atau Selamat Tanggal Lahir (Birth Date)

Tanggal Lahir beda dengan Hari Lahir, ilustrasi gambar made by Fachrie

Dari dulu ingin sekali menulis tentang hal ini. Mungkin ini salah satu hal yang tidak penting untuk dibahas, tetapi bagi sy selalu menggelitik otak sy. Sy rasa hal ini jarang dipertanyakan oleh siapapun.

Bagi diri sy yang selalu bertanya tentang sesuatu hal yang mengikat diri sy sebagai manusia dan jiwaku yang ingin lepas dari dogma dan persepsi yang tercipta tanpa budaya kritis, sy selalu mempertanyakan hal-hal kecil yang mungkin itu tidak penting buat Anda. Seperti hal ini. Tentang happy birthday?. Nah coba sekarang kita tanyakan sama diri sendiri. Coba Anda pikir, apakah hari kelahiran Anda sama dengan tanggal lahir Anda?

Happy birhtday, secara harfiah sy mengartikannya yaitu “selamat hari lahir”, dan ekspresi itu disampaikan saat tanggal  di bulan kelahiran kita. Jadi bagi sy pribadi  hal ini tidak sinkron.

Happy birhtday, secara harfiah sy mengartikannya yaitu “selamat hari jadi”, dan ekspresi itu disampaikan saat tanggal di bulan kelahiran kita. Jadi bagi sy pribadi  hal ini tidak sinkron. Ekspresinya mengatakan selamat hari jadi, sementara kenyataannya adalah pada hari itu  adalah tanggal  bulan kelahiran dia, tergantung apakah dia menggunakan kalender Masehi atau apapun itu. Contoh misalnya, banyak orang yang lahir hari Rabu. Namun saat tanggal dan bulan  dimana dia lahir,  langsung diberikan ucapan “happy birhtday”/”selamat hari lahir”. Padahal hari itu mungkin  bukan merupakan hari dimana dia lahir, mungkin saja hari itu hari Selasa atau hari-hari lainnya (selain Rabu).

Kalau Anda ingin tahu hari kelahiran Anda. Anda dapat mencoba blog ini. Sy malahan dulu download sebuah file excel dimana sudah ada formulanya untuk mengetahui kapan kita lahir. Sy rasa ini programming yang sangat sederhana dengan memamfaatkan sifat modus. Back to the topic..Jadi hal ini bagi sy kadang-kadang tidak logis, dan memang sih banyak ekspresi yang tidak logis yang ada dalam komunikasi atau bahasa sehari-hari. Tapi untuk hal ini sy tergelitik untuk memberikan opini mengenai hal ini. Belum lagi ekspresi “selamat ulang tahun”. Emang tahun mau di ulang ? bercanda..

Jadi terkadang  kalau seseorang berulang tahun dan ada notifikasi di facebook sy, maka sy akan memberikan ucapan selamat tanggal lahir, atau “happy birhtDate” bukan “happy Birthday”.

#closing !

Ini salah satu kegelisahan hatiku. Malah kadang-kadang sy  bertanya, kenapa bulan harus 12?, terus kenapa hari ada 7 ya? ada yang bisa membantuku ? Help me out of here !

Advertisements

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Budaya, Kegelisahan Hatiku, Mungkin Anda Tahu, Tentang Saya and tagged , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Selamat Hari Lahir (Birth Day ) atau Selamat Tanggal Lahir (Birth Date)

  1. gusngger says:

    “The Magic of Seven” mungkin dapat membantu.

    Salam…

  2. Pingback: Online | negeribocah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s