Hari 20ribu

Hari Kamis, 6 Oktober 2011 pukul 01.00 a.m sy bertemu dengan seorang mahasiswa angkatan 2006 Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin . Sy berencana internetan untuk posting tulisan lagi.  Orang (mahasiwa) ini menurut sy adalah orang yang patut untuk diacungi jempol . Meskipun sekarang  sy merasa ada jarak sy dengan dia (atau dia yang menjaga jarak ya? :D). Namun sy tetap menghargai dia sebagai seorang yang sangat gigih dalam berjuang untuk masa depannya. . Sy akan membuat postingan tentang dia. Tapi tidak sekarang :D, lebih baik sy membuat “postingan” hari 20ribu yang jatuh pada tanggl 6 Oktober 2011.

Pukul 09.5x a.m sy menghubungi mahasiswa ini. Sy menghubungi dia untuk konfirmasi mengenai tawaran sy untuk ikut membantu dia dalam usaha dia. Motif sy adalah ingin mengenal dunia bisnis yang dia geluti. Selain itu sy ingin mengenal dia lebih dekat  karena ada hal yang lebih pada dirinya yang patut kita banggakan. Tetapi tidak semua. Karena penilaian itu hanyalah persepsi.

–>

Dia  menjawab sms sy  bahwa dia bersama rombongan temannya sedang berada di daerah Pampang, dekat kampus Universitas Muslim Indonesia Makassar. Dia akan menghubungi sy jika dia berada di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin karena mahasiswa ini sedang mengerjakan orderan dari Fakultas Ekonomi.  Kata dia  akan mendekor tanaman di fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. .

Hampir satu jam sy menunggu sms dia mengenai kapan dia berada di fakultas Ekonomi. Akhirnya sy memutuskan untuk berkunjung ke kamar teman sy yang jago maen catur, Palen Komang namanya. Ya tentu apalagi yang akan kulakukan kalau bukan maen catur haha..Sy maen catur ma teman sy sebanyak 4 kali dimana sy hanya peroleh 1 kemenangan dan 1 seri, selebihnya kalah :(( hu hu hu hu….

Hingga akhirnya waktu sudah masuk Dhuhur. Sy kemudian pamit pulang untuk Shalat dhuhur dan berencana untuk menghubungi mahasiswa tersebut. No. Handphone dia tidak bisa dihubungi waktu itu. Sy berpikir mungkin sy sebaiknya langsung ke Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin saja. Toh juga mereka akan berada disana.

Tiba di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin

Hampir 20 menit sy keliling Fakultas ekonomi untuk mencari mahasiwa tersebut. Tetapi tidak menemukan dia. Sy sudah bertanya mungkin sekitar 3 orang mengenai kegiatan Dekorasi Tanaman. Tidak ada yang memuaskan dari jawaban-jawaban mereka. Atas saran beberapa orang yang sy tanya, maka sy  ke ruang Pegawai Fakultas Ekonomi untuk menanyakan mengenai hal ini. Setelah keluar dari ruang tersebut, sy kemudian berpapasan dengan mahasiswa pertanian 2006 Universitas Hasanuddin tersebut. Wah jodoh emang gak bisa dielakkan kalau memang jodoh…

Dan mulailah petualangan hari 20ribu itu.

Sy kemudian mulai membantu usaha dia. Sy berkenalan dengan rekan-rekan kerja mahasiswa tersebut. Waktu itu ada 4 orang. Yaitu Pak Amir (Ahli dekor tanaman), Jalil (Tukang Angkat-Angkat Bunga), Syarif (Tukang Angkat-Angkat Bunga), dan Pak Umar (Alumni Unhas Angkatan 2000 yang mempunyai usaha Dekor tanaman dan usaha-usaha lainnya).

Tanaman Pak Umar jauh lebih banyak dibandingkan dengan tanaman mahasiswa Pertanian itu. Hmm mungkin karena itulah boleh dikatakan dia adalah pemimpin tertinggi dari proyek Dekor Tanaman di Fakultas Ekonomi Universits Hasanuddin saat itu. Selain itu Pak Umar juga memiliki usaha lain selain usaha Dekor Tanaman ini. Yaitu salah satunya adalah usaha Aksesoris. Itu sy ketahui setelah lama berbincang mengenai Dompet. Dia sempat tertarik dengan dompet yang sy pakai waktu itu. (Lirik Dompet Hadian Bu’ Mega, Dosen SOSPOL Universitas Islam Makassar).

Nih dia gambaran usaha yang mahasiswa tersebut lakukan. Let’s check it out.

Jenis Tanaman Dekor ~ HP FL
Salah Satu Meja yang didekor Dengan Tanaman ~ HP FL
Dekor dengan Bambu ~ HP FL
Dekor di Ruangan Lain ~ HP FL     <Dekor ini ditolak sama customer, Fakultas Ekonmi karena tanamannya yang jarang, tapi sudah ditambahkan>

Setelah bekerja hingga pukul 04.xx di daerah Fakultas Ekonomi. Sy dan rombongan terus bergegas menuju Auditorium Kedokteran Universitas Hasanuddin. Fakultas Ekonomi meminjam ruangan tersebut untuk digunakan. Oh iya sy lupa memberi tahu bahwa Fakultas Ekonomi akan berulang tahun (Dies Natalis) besoknya. Itulah sebabnya mereka membutuhkan Dekorasi Tanaman. Dekorasi dibutuhkan dalam acara ini untuk terlihat lebih elegan acaranya.

Mantan Wakil Presiden, Yusuf Kalla, akan memberikan ceramah singkat di acara ini. Mungkin cerama itu akan berlangsung di Auditorium Kedokteran Universitas Hasanuddin. 

Auditorium Kedokteran Universitas Hasanuddin ~ HP FL * Bisa jadi Bioskop nampaknya πŸ˜€

Hasil Dekorasi di Gedung Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin ~ HP FL

Hasil Dekorasi Tanaman di Auditorium Fakultas Kedokteran ~ HP FL

Di sela-sela kegiatan mengangkat bunga (bagian kerja yang hanya bisa sy lakukan :D) . Sy kadang-kadang motret  sesuatu yang gak jelas. Ini 2 diantaranya πŸ˜€

Pengen Punya Meja yang Luas ~ HP FL

Sepasang Mahasiswa Baru yang berjalan dan nampaknya serasi karena Ukuran Badan ~ HP FL

Kami selesai mengerjakan semua kegiatan ini sekitar pukul 18.00, beberapa menit lagi menuju shalat Magrib. Pekerjaan terakhir yang kami lakukan adalah menambahkan bunga pada Dekor Tanaman yang kekurangan Bunga. Namun ada peristiwa yang begitu menyinggung perasaan sy. Yaitu Uang Rp. 20ribu rupiah yang diberikan oleh Pak Umar.

Kejadian itu seperti menampar diri sy dan menghina harkat dan martabat sy. Entah apa dipikiran orang tersebut. Padahal orang itu bukanlah seorang yang tidak berpendidikan menurut sy. Sy merasa apa yang dilakukan oleh Pak Umar adalah hal yang tidak patut untuk dilakukan. Sebaiknya untuk memberikan upah. Harusnya dilakukan oleh mahasiswa tersebut. Sy datang karena mahasiswa tersebut dan sy datang bukan untuk jadi seorang kuli yang harus digaji rendah :(.  Karena motif sy datang sebenarnya untuk berteman. Untuk mengenali bagaimana usaha mahasiswa tersebut dan untuk lebih dekat tentunya. Tapi entahlah…Mau bagaimana lagi..Beginilah nasib <sedihnya>


Uang yang diberikan oleh pak Umar itu berencana sy simpan seumur hidup untuk menjadi kenangan. Akan tetapi akhirnya sy gunakan juga untuk beli bensin. Haha..

Foto Uang Rp 20ribu Pemberian Pak Umar ~ HP FL

Advertisements

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Bad Day, Curhat, Moment Unik, Tentang Saya. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s