Kesederhanaan Hati

Rasulullah saw pernah berkata “Ketahuilah bahwa dalam jasad ini ada segumpal daging apabila segumpal daging itu baik maka akan menjadi baik semuanya dan apabila segumpal daging itu jelek maka akan jeleklah semuanya ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati“.

Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang kemudian bertanya dengan beliau dan terlihat dia menjawab dengan tutur kata yang sopan dan santun? Atau pernahkah Anda berkunjung ke rumah seseorang karena diperintahkan untuk mengambil sesuatu kemudian terjadi percakapan singkat dan  Anda merasa nyaman hanya dengan melihat senyumnya saja?  Hmm postingan kali ini akan sedikit membahas sedikit hal yang berkaitan dengan pertanyaan tersebut.

Dua keadaan diatas adalah pertemuan dengan seseorang yang membuat kita  merasa nyaman untuk berkomunikasi dengan mereka. Sifat-sifat mereka begitu menyenangkan, raut muka mereka menenangkan hati. Senyuman mereka memercikkan kesederhanaan hatinya.

Permasalahan hidup yang begitu kompleks ini menyebabkan langka-nya orang-orang berkepribadian mulia ini. Kesederhanaan hati sudah tidak jarang lagi tercermin dari perilaku-perilaku umat umat Islam saat ini. Gaya hidupnya tidak mencerminkan lagi gaya hidup sederhana. Sebagaimana pepatah umum bahwa ” setiap bejana memercikkan hatinya“. Hati yang sederhana ini akan memercikkan akhlak2 mulia dalam tutur kata dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Ingatlah kembali perkataan Rasulullah di atas, bahwa ada daging yang harus kita selalu bina dan kita tempa hingga menjadi mulia, kokoh dan berharga seperti intan. 2 Kejadian diatas juga tidak bisa kita temukan pada manusia yang hatinya penuh dengan kesombongan tetapi hanya pada manusia  yang penuh dengan kesederhanaan hati. 

Advertisements

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Islam. Bookmark the permalink.

6 Responses to Kesederhanaan Hati

  1. setuju Rie, saya juga dulu pernah membaca bahwa pribadi seseorang itu dicerminkan dari bagaimana tutur katanya.. dan satu lagi, jaga hatimu!! hehe 😀

  2. iyah, sy jaga hatiku 😀

  3. vacuum says:

    HIDUP SEDERHANA ALA RASULULLAH SUNGGUH SEBUAH NIKMAT

  4. numpang lewat says:

    hmmmm postingannya singkat, padat & keren

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s