Stigma Masyarakat Sulawesi Terhadap sang-Admin

Seringkali kita mendapatkan gambaran bahwa admin kampus itu seperti halnya pekerja kecil atau rendahan yang disuruh seperti halnya karyawan rendahan. Tetapi pekerjaan ini adalah pekerjaan yang sangat penting dalam institusi tersebut. Bayangkan jika semua kru admin facebook sakit semuanya? Wah tentu kita tidak bisa lagi facebookan. Karena Mark Zuckerberg tidak akan membiarkan sembarang orang menangani websitenya, karena banyaknya informasi penting dalam servernya.


Perilaku ini adalah perilaku normal yang sejalan dengan historis dari perkemabangan ilmu komputer yang ada di negara Indonesia. Diketahui bahwa tahun 70-an, 2 orang yang bersaing satu sama lain Steve Jobs (CEO APPLE), dan Bill Gates (CEO Microsoft) bersaing satu sama lain mengakibatkan perubahan yang sangat cepat dalam bidang computer science. Memaksa para ilmuan dari jalur Fisika, Komputer, Mathematic mengembangkan sebuah terobosan baru dan lahirlah peradaban cyber saat ini. Di tambah lagi adanya internet yang semula hanya digunakan untuk perang kini merambah ke kehidupan umum. Lalu kapan masuk ke Indonesia? Menurut dosen Institut Teknologi Bandung, Inggriani Liem, bahwa ilmu komputer mulai mewabah di tahun 80an, tetapi belum terlalu sepesat saat ini. Banyak yang belajar bahasa Cobol dan sebagainya. Terus berkembang di Indonesia. Dan kemudian ditanyakan? Kapan masuk Ke kota Makassar? Nah seiring dengan perkembangan peradaban, maka menuntut mereka membutuhkan tenaga-tenaga praktisi langsung untuk menyelesaikan masalah ini, maka muncullah STIMIK Dipanegara dan STIMIK lain-lainnya yang mungkin mewabah di tahun 90-an. Tetapi Hingga saat ini belum ada yang sangat mendalami pada bidang filsafat informasi dan computer science.


Universitas Hasanuddin saja, maskot atau simbol kecerdasan dari Indonesia Timur baru mulai membuka sebuah jurusan Teknik Informatika di tahun 2008, tetapi belum memiliki Sub Jur Computer Science seperti halnya yang sudah lama di Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia. Dan masih belia namun mereka mengejar. Sehingga jika harus dibandingkan dari segi teoritis anak-anak Universitas Hasanuddin jauh lebih baik dari segi teoritis daripada praktikalnya. Tetapi ternyata karena anak-anak Universitas Hasanuddin itu merupakan kumpulan orang cerdas yang ada di Indonesia Timur, maka dari segi kualitas mereka bisa bersaing dalam waktu yang sangat singkat ini bagi praktisi langsung keluaran dari STIMIK DIPA dan sebagainya.


Keadaan sosial ini yang semula muncul adalah tenaga praktisi dan teknisi dari STIMIK Dipanegara ini mengakibatkan para pengambil kebijakan yang dulu-dulu yang ada di Makassar masih memandang sebelah mata mereka seperti halnya hanya pekerja biasa dalam perusahaan mereka. Padahal dari keadaan sekarang, yang notabene semua serba cyber mereka adalah salah satu titik sentral dari institusi tersebut.

Advertisements

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Curhat, Ilmu Komputer. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s