Bu Desi : Tiga Konsep Ilmu Komunikasi

Tanggal 20-21 Juni 2012  Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah Prov. Sulawesi Selatan serta Universitas Hasanuddin mengadakan sebuah SEMINAR NASIONAL dengan judul “AKTUALISASI FUNGSI ARSIP SEBAGAI SIMPUL INTEGRASI NASIONAL DALAM PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA”. Seminar ini diadakan di sebuah hotel Bintang 5 Makassar, yaitu di Hotel Aryaduta Makassar.  

Anehnya orang-orang yang mengisi seminar membicarakan masalah karakter terus menerus. Bukan pada penjelasan judul dari seminar itu sendiri yaitu bagaimana fungsi Arsip itu membangun karakter bangsa. Ini berarti orang-orang Indonesia masih berputar-putar dalam pendefinisian nilai. Belum pada tahap implementasi dari fungsi Arsip untuk pembangunan karakter bangsa Indonesia.

Di dalam ruangan seminar sy bertemu dengan pegawai perpustakaan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, yang bernama ibu Desi. Seorang wanita paruh baya lulusan Universitas Hasanuddin jurusan Ilmu Komunikasi. Karena kebetulan sy sekarang sekolah Ilmu Komunikasi. Maka dia memberikan ringkasan konsep dari keilmuan dari jurusan yang sy geluti saat ini. Beliau memberi tahukan kepada saya bahwa ilmu komunikasi itu berputar-putar pada 3 hal saja. Yaitu Tahu? Sikap? dan Perilaku? Hal inilah yang menjadi objek dari ilmu komunikasi tersebut.

  1. Tahu?  Paling pertama apa yang ingin kita sampaikan kepada penerima informasi itu sehingga orang itu tahu. 
  2. Sikap? Dari apa yang diketahuinya itu apakah dia menerima atau tidak?
  3. Perilaku? Dari sikapnya itu kita kemudian harus melihat bagaimana perilaku dari orang tersebut.

Ketiga hal inilah yang terjadi berulang-ulang.

Advertisements

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Ilmu Komunikasi, Teman. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s