“Ketuk Palu 2 Derajat” Mengundang Sejumlah Tanya

Pelaksanaan waktu puasa pertama di bulan Ramadhan kali ini lagi-lagi harus berbeda-beda di kalangan masyarakat Muslim Indonesia.  Dari kubu Ormas Muhammadiyah di Indonesia, mereka menetapkan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari ini yaitu hari Jumat, 20 Juli 2012. Ormas Nahdatul Ulama dan pemerintah sepakat untuk 21 Juli 2012. Bahkan ada yang memulai 3 hari sebelumnya, seperti dari Tarekat (baca:aliran) Naqsabandiyah, kemudian Jemaah(baca :aliran) An Nasir 2 hari sebelumnya. Jika Anda mengikuti artikel, perdebatan dan beberapa statement kenapa-kenapa? maka tentu Anda akan berkata juga kenapa? dan …?

Sy secara pribadi akan ikut puasa sesuai dengan penguasa setempat saja. Kementrian agama telah berupaya merampungkan permasalahan ini, dan yang membingungkan kenapa angka 2 derajat ini harus muncul? belum bisa terjawab. Asumsi saya, angka 2 derajat ini menjadi patokan bahwa dengan 2 derajat inilah kita dapat melihat dengan mata telanjang. Atau ini dan itu. Belum ada penjelasan juga dari perwakilan penguasa di negara mayoritas Muslim terbanyak di dunia.

Di Australia, penduduk islamnya sudah melaksanakan puasa Ramadhan, terlihat dari status teman saya di Facebook. Kemudian di yahoo ada artikel mengenai Arab Saudi yang menetapkan hari pertama ramadhan, hari ini Jumat 20 Juli 2012. Tentu membingungkan? Bagaimana mungkin kita negara yang dilalui lebih awal malam ini menjadi tidak melihat hilal? ataukah mereka menggunakan metode lain? atau atau  atau ?. Teman saya pun dari Turkey mengatakan bahwa di sana mereka telah puasa 1 Ramadhan yaitu 20 Juli 2012.

Perbedaan-perbedaan ini harusnya bisa diselesaikan tahun depan. Sy harap Kementrian Agama untuk bagian Islam memasukkan dalam agenda mereka yaitu mengenai Ramadhan 2013. Setelah selesai idul Fitri nanti ! Kemudian 2 derajat tolong di jelaskan ke masyarakat, dan informasi mengenai negara-negara lain, bagaimana metode rukyat hilal mereka?


Advertisements

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Kegelisahan Hatiku, Mungkin Anda Tahu. Bookmark the permalink.

2 Responses to “Ketuk Palu 2 Derajat” Mengundang Sejumlah Tanya

  1. Pak edy says:

    Ngapain ikut aturan menteri agama indonesia kalau soal lebaran sudah jelas jelas menteri agama itu sesat. alasannya . Lebaran puasa yang dua tahun yang lalu. Buktinya semua rakyat indonesia ditipu dan dibohonginya..padahal orang dimalaysia dan disingapur udah leberan hari selasa. Sedangkan kita hari rabu…kalaupun kita lebaran hari selasa itupun sudah terbukti kita masih telat utk menjalankan lebaran, sedangkan hari rabu pada malamnya kita melihat sudah hitungan tiga timbulnya bulan yang mengambang, lebaran yang kemarin pun sama juga telat…orang sudah lebaran tapi masih banyak yang berpuasa, sedangkan dalam hukum islam barang siapa yang menunaikan ibadah puasa di hari lebaran haram hukumnya..berarti sama aja makan daging anjing dan babi yang diharamkan. Kenapa pemerintah tdk mengikuti cara nabi menghitung bulan. Kenapa harus pakai teropong utk melihat bulan sedangkan para nabi tdk pernah melihat dan menghitung bulan dgn cara yang begitu. Pemerintah dan menteri agama itu tdk lain adalah pengikut dajjal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s