Mengapa harus nge-blog ?

Ada orang yang beranggapan bahwa dunia blog saat ini sudah tidak ramai lagi dikarenakan situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter sudah cukup untuk menuangkan ide dan berceloteh. Yah seperti itulah keadaannya. Tetapi bagi sy yang senang nge-blog sy merasakan, the real blogger gak akan pernah berhenti menulis! Mereka akan terus menulis, mereka tertarik untuk mengetikkan ide-ide mereka pada tulisan-tulisan yang mungkin sebagian besar bercerita tentang kehidupannya (self narsistik like me maybe), ada juga yang menceritakan tentang persepsi & perspektif dan pemikiran mereka, dan seterusnya.

Dunia twitter yang memudahkan kita mengetahui aktivitas kawan kita, isu apa yang sedang dilempar. Agak sedikit berbeda dengan dunia facebook yang kebanyakan berisi tentang apa isi pikiran kita (look what’s on your mind), seakan-akan membuat kita harus mengeluarkan isi pikiran kita. Jadi jangan heran, anak-anak yang sering pakai facebook kita dapatkan postingan statusnya sering  galau .  Dengan twitter tidak akan terasa enak tentunya jika kita harus nge-tweet dengan perasaan galau selayaknya di facebook. Lebih enak nge-tweet tentang berita saat kita berada di suatu tempat, tentang info-info, atau isu. Sy melihat twitter itu lebih ke arah “sphreading the issue”, sementara facebook itu lebih ke arah “what’s your feeling?”

Dengan dunia blog, kita lebih leluasa dan bebas dalam menyampaikan apa isi pikiran kita dan apa yang sedang kita lakukan. Lebih banyak cerita tentunya. Dan lebih banyak memiliki pesan dan informasi. Patut digarisbawahi bahwa blog itu penyebar informasi yang sangat efektif. Di situlah informasi melimpah dan lebih teramu dibandingkan dengan informasi yang sifatnya pecah-pecah yang harus diramu lagi seperti informasi yang beredar di twitter dan facebook.

Sy pernah mencari-cari data mengenai dunia blog. Menurut situs http:salingsilang.com kurang lebih blog yang berbahasa Indonesia itu berjumlah 5jutaan. Jika dimisalkan 1 orang memiliki 5 buah blog. Maka kurang lebih sekitar 1 juta orang yang ngeblogging. Dan jika dimisalkan hanya 20% yang aktif nge-blogging berarti hanya ada 200ribu orang yang nulis. Di bandingkan dengan data pengguna internet yang kurang lebih mencapai 40 jutaan (bisa disearch),kurang lebih sesuai banyak jumlah pengguna facebook di Indonesia. Maka tentu hanya 200ribu/40jutaan atau 0,5 % saja yang sering melakukan transformasi idea di negara kita.

Sy sangat kagum terhadap blog-blog yang berisi informasi yang padat, tidak seperti blog sy ini yang hanya sedikit sekali informasi yang bisa diperoleh oleh Anda. Karena memang menjadi seorang blogger itu bukanlah hal yang mudah. Tidak semudah mendaftarkan diri saja disebuah layanan blog gratis seperti wordpress, blogspot, tumblr, posterious, dsb. Akan tetapi membutuhkan semangat yang lebih. Lebih-lebih jika harus memadatkan datanya dengan data-data yang valid. Sungguh hal-hal yang menyusahkan bagi orang yang sangat super sibuk.

Dari cerita-cerita yang ada di blog dari seorang blogger, kita dapat mengetahui bagaimana kehidupannya, dan tentu banyak informasi yang bisa diberikan. Lebih-lebih jika kita harus berkunjung ke suatu daerah tertentu. Dan ada orang yang mereview mengenai tempat itu, maka blog itu bisa memberikan banyak informasi mengenai  tempat-tempat yang ada disitu.

Ada satu juga kejelekan dari dunia blogger sebenarnya yang sy tidak sukai adalah dunia SEO (Search Enggine Optimizing) yang digunakan hanya untuk kepentingan duit semata dalam rangka meningkatkan page rank mereka. Akhirnya banyak sampah di internet jadinya. Kadang-kadang kita nyari tulisan sesuatu,eh munculnya yang laen. Tetapi search enggine katanya berupaya terus menerus memperbaiki hal tersebut agar user dapat menemukan artikel yang tepat (ini juga sy dapat dari informasi di blog). Informasi mengenai SEO bisa ditemukan di tulisannya ini. (Jgn lupa baca komentar-komentar di tulisannya untuk lebih mengerti).

Advertisements

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Ilmu Komputer and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s