Kematian

Kematian adalah sesuatu yang pasti, telah banyak bukti dan sudah dipertegas juga dalam kitab suci kami muslim bahwa setiap makhluk yang bernyawa pasti mati. Baru beberapa hari yang lalu, malam Jum’at, nenek dari seorang yang sy kenal di kota Makassar ini wafat. Seusai shalah Jum’at, jasad neneknya dishalati sebagaimana ritual para kaum muslim/ah sebelum dikebumikan. Sy pun ikut menshalatinya, meskipun sy tidak dalam satu shaft yang lurus dengan makmum yang lainnya.

Pagi ini, tante sy, saudara dari ibu saya, menelpon, dan kakek saya yang sudah berusia senja juga ternyata sudah berada di UGD RS Wahidin, setelah sekian lama selalu keluar masuk dirawat di RS Batara Guru, kota Belopa. Mungkinkah ini pertanda bahwa kematian akan menjemput kakek saya dalam keadaan yang tua (lumrah).

Benar memang, sewajarnya orang akan meninggal karena usianya yang semakin senja. Akan tetapi hampir satu bulan yang lalu, seorang kawan telah wafat di usia yang muda (23 tahunan mungkin) dikarenakan kecelakaan motor. Pertanyaan kembali datang kepada diri saya dan sahabat blogger. Apakah saya dan kawan-kawan sudah siap dengan kematian? Mau tidak mau, kita harus siap dengan hal ini. Kematian itu menjemput tanpa variabel, baik variabel usia. Jadi jangan lupa untuk berpikir masalah ini. Di satu sisi, kita yang ditinggalkan akan belajar untuk lebih dewasa lagi tentang hidup yang sementara ini. Kita akan mencoba memahami makna hidup ini, dan akan melakukan apa atas hidup kita ini.

 

Advertisements

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Islam, Kegelisahan Hatiku, Mungkin Anda Tahu. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s