Selamat Jalan Kakek Opu

Kamis sekitar pukul 2 dini hari, 7 November 2013 Masehi (3 Muharram 1435 H) beliau meninggalkan dunia ini. Beliau meninggalkan 8 orang anak, dan 24 cucu. Seorang mantan pendidik Sekolah Dasar dari beberapa SD di Kabupaten Luwu. Di hari Rabu sore, sy masih membacakan firman-firman Allah, untuk mengingatkan dia tentang hari Akhir yang akan menantinya. Sy tahu beliau sudah sangat kritis ketika pertama kali saya datang di Rumah Sakit Wahidin. Pukul 3 dini hari adik saya dan sepupu saya mendatangi saya untuk mengabari dan menjemput saya untuk pulang ke kampung halaman. Sangat menyedihkan tentunya bagi diri saya. Sy bisa sampai seperti ini, belajar dan belajar itu karena beliau. Dan saya juga belajar islam itu karena beliau juga.
Alhamdulillah saya menshalati jenazahnya, dan ikut juga dalam memandikan jenazah beliau. Satu hal yang kukagumi dari kakek  saya lagi atas nasihat beliau di bulan-bulan terakhir sebelum beliau wafat. Beliau mengatakan agar dimakamkan secara islami, tidak dimakamkan secara adat. Adiknya yang telah mendahuluinya hampir setahun lalu, dimakamkan dalam budaya adat bangsawan Luwu. Semoga saya, adik-adik saya dan adik-adik sepupu saya semua dapat mencontoh banyak hal dari beliau.

Selamat jalan kakek, sy berharap kita dapat bercanda lagi ketika kita bertemu lagi. Kematian itu adalah hal pasti dan pasti menjemput kita semua. Aamiin

Dalam Ingatan

Almarhum Opu Dg. Massita Andi Muhammad Sajeri

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Budaya, Cinta, Curhat, Islam. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

