Saya Senior Makassar

Sudah menjadi icon untuk kota di Makassar di mata masyarakat Indonesia bahwa makassar adalah kota dengan kota dengan kekerasan dan perkelahian antara Mahasiswa! Baru baru ini ada 3 kasus yang lewat di timeline facebook saya.

#pertama, kasus perkelahian antara mahasiswa di kampus ternama di Indonesia Timur, Universitas Hasanuddin (UH). Perkelahian ini melibatkan antara mahasiwa dari Fakultas Peternakan dan Fakultas Teknik. silahkan baca di link berita online ini.
Sejak 2012 saat saya di kota Makassar, perkelahian antara mahasiswa masih saja terjadi di kampus ini. Perkelahian ini berlangsung sudah turun temurun. Entah kapan ini terjadi pertama kali. Saya tidak tahu.

Dahulu kala kampus ini (baca:UH) identik dengan perkelahian antara Fakultas Teknik dan Fakultas Sospol. Sejak tahun 2012, Fakultas Teknik UH sudah pindah ke Gowa. Banyak intrik atas kepindahan Fakultas ini. Para senior di Fakultas Teknik menjadi kehilangan MABA (Mahasiswa Baru). Pergerakan bawah tanah sering dilakukan oleh para senior untuk tetap mengkader MABA Fakultas Teknik. Dan Rektorat UH  semakin ketat dalam membatasi pergerakan para senior dengan melarang para senior untuk datang di kampus GOWA. Tetapi dari informasi yang saya dapatkan, tetap saja ada beberapa orang dari MABA yang berhasil dikader oleh mahasiswa senior Fakultas Teknik UH. Yeah We are the Champion!

#Kedua, kasus penganiayaan yang dilakukan senior mahasiswa Universitas Islam negeri (UIN)  terhadap 15 orang juniornya. Mereka (baca:junior), di kumpul di WC kemudian dipukuli. Silahkan dibaca disini!

Mengenai UIN, saya belum terlalu tahu banyak mengenai atmosfer kampusnya. Saya punya beberapa teman disini. Tetapi teman saya hanya bilang kepada saya tahun lalu, bahwa kampus UIN juga itu panas atmosfer kehamasiswaannya. Saya perlu terjun secara langsung atau mencari banyak lagi source untuk memastikannya sepertinya.

#Ketiga, kasus tawuran Mahasiswa di UNM antara fakultas Teknik dan Fakultas Seni. Silahkan baca disini.

Kasus ini merupakan kasus yang sudah turun temurun juga terjadi di kampus yang banyak menghasilkan pendidik(guru) di kota Makassar ini. Perkelahian ini menurut kabar yang sy dengar dari kawan-kawan dan dosen di UNM, kasus ini adalah kasus yang didesain oleh petinggi kampus tersebut dalam rangka menunda audit keuangan di kampus tersebut tiap tahun. Tetapi harus perlu dibuktikan lagi validitasnya.

Dan satu lagi yang perlu sy perjelas disini. Mungkin Anda akan geleng-geleng kepala karena salah seorang mahasiswa teknik malah menyemangati fakultasnya dalam bentrok mahasiswa tersebut. Dan juga dia menghina fakultas Seni yang menjadi musuhnya.

Senior Makassar memberikan Semangat perkelahian !

Senior Makassar memberikan Semangat perkelahian !

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Budaya, Kegelisahan Hatiku, Mungkin Anda Tahu. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

