27 Tahun Masehi!

Sekarang sudah pukul 06:38 pm . Jadi sekitar 5 jam lagi pergantian hari dalam sistem kalender Masehi. Dan itu akan masuk ke tanggal lahir saya dalam sistem kalender Masehi. Saya lahir 1 Februari 1988 M, pada sore hari ketika Matahari ingin terbenam meninggalkan bumi. Di KTP, SIM, Akta Lahir tertulis tanggal 1 Februari 1989. Setelah saya mengecek tanggal lahir tersebut dengan harinya. Maka saya menyimpulkan bahwa saya lahir 1 Februari 1988 bukan di tahun 1989. Mengapa demikian?

Saya pernah tanya, ke ibu saya tentang hari lahir saya. Dia bilang ke saya, saya lahir pada hari senin, ketika matahari akan terbenam. Dan saya mengecek, kalau 1 Februari 1989 itu jatuh  pada hari Rabu. Kemudian sy cek 1 Februari 1988, dan ternyata jatuh pada hari senin. Dengan demikian sy menyimpulkan saya lahir pada tanggal 1 Februari 1988. Lalu kenapa bisa tercatat 1 Februari 1989. Itu cerita lain tentang keluarga saya 😀

Saya sebenarnya tertarik dengan penanggalan kalender Hijriah, dan beberapa kalender lainnya. Seperti kalender China dan kalender jawa. Tetapi sekali lagi belum ada waktu untuk sampai ke situ mencarinya. Alasan …hihi..

Kalau sy konversi ke tanggal lahir saya di Kalender Hijriah disini, maka saya lahir 13 Jumadil Akhir 1408 H.  Tanggalnya agak menyeramkan karena tanggal ini katanya tanggal yang fenomenal. Ada banyak orang mengatakan bahwa tanggal itu tanggal yang tidak baik. Akan tetapi sebagian mengatakan tanggal itu tanggal yang baik. Itu menurut ingatan saya dalam buku misteri Angka yang sy pernah baca. Maaf tidak tahu apa judul buku dan pengarangnya. Sudah lupa!

Pernah sy menggunakan salah satu program konversi kalender Hijriah. saya dapatkan 12 Jumadil Akhir 1408 H. Agak aneh memang mengenai kalender Hijriah ini, karena menurut saya belum tersosialisasikan dengan baik. Belum lagi batas antara tanggal belum jelas. Apakah ketika bulan terbit atau bagaimana?. Tidak ada perhitungan jam di dalamnya. Seperti kalender Masehi ada hitungan 1 hari dikonversi menjadi 24 jam.
Berbagai program konversi juga kadang berbeda. Sebagai contoh kita ambil tanggal kelahiran proklamasi negara Indonesia, 17 Agustus 1945. Jika dikonversi disini, maka hasilnya adalah 9 Ramadhan 1364H. Tetapi jika dikonversi disini, maka hasilnya 10 Ramadhan 1364 H. Sama-sama jatuh pada hari Jumat.
Sepertinya saya perlu anak-anak Astronomi untuk mengajarkan saya mengenai kalender ini. Saya akan menjadikan project pribadi saya mengenai kalender ini. Yosh !

Usia saya menjadi 27 Tahun di 1 Februari 2015 ini. Dan saya merasa sy perlu merekonstruksi pikiran saya dan kemudian membuat planning hidup yang jelas agar jelas pula  apa yang akan saya lakukan di kehidupan yang singkat ini.

 

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Tentang Saya. Bookmark the permalink.

2 Responses to 27 Tahun Masehi!

  1. Selamat hari lahir ya, semoga kehidupan nya di mudahkan oleh Tuhan dan tetap sehat selalu..

Leave a Reply

