Tentang Siri’ & Film Badik Titipan Ayah

Dari dulu sy ingin mengetahui lebih dalam makna tentang siri’ ini. Terlebih lagi setelah sy menonton film Badik Titipan Ayah. Saya sangat suka dengan film ini karena mengangkat tema yang baik untuk diperbincangkan bagi orang-orang yang ingin belajar tentang sebuah filosofi hidup dari orang Sulawesi. Terlepas dari saya seorang penggemar aktor Reza Rahardian 😀
Saya pernah baca buku, satu dari 6 nilai bugis itu adalah siri’. Tulisan ini ada pada buku yang ditulis oleh Alm. Prof. Rahman Rahim, ” Nilai Utama Kebudayaan Bugis”. CMIIW, karena sy lupa judul bukunya.

Ceritanya sangat simple. Dimana seorang perempuan akhirnya “silariang” dengan seorang lelaki pilihannya dikarenakan si wanita melihat orang tuanya tidak memberikan restu terhadap hubungan mereka. Si Ayah wanita ada “dendam” yang terpendam dengan ayah dari lelaki pilihan wanita tersebut. Katanya dia merasa dipermalukan “dipakasiri’” atas tuduhan ayah dari lelaki terkait dengan project yang mereka garap berdua. Saya tidak ingin membedah film ini terlalu panjang. Silahkan nonton sendiri.

Advertisements

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Budaya, Cinta, Ideologi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s