Oh Pak Dosen

Jadi ceritanya saya datang ke seorang Dosen untuk mempertanyakan nasib kemungkinan nilai  mata kuliah yang saya ambil dari dia. Saya mengambil mata kuliah Bahasa Arab dari dosen ini. Kehadiran saya untuk mata kuliahnya hanya 50%. Saya hadir 7 kali dari 14 kali pertemuan kuliah. Malas banget yak :D. Saya mengunjunginya untuk meminta kebijakan atas masalah ini sebelum Ujian Akhir Semester (UAS) dari mata kuliah beliau. Sempat aja memberikan tugas untuk diselesaikan agar nilai akhir mata kuliah saya bisa selamat.

Begini naskah dialognya 😀

Tok-tok, sambil mengetuk pintu ruangannya. Kemudian pak Dosen langsung menoleh.

Saya : Boleh saya masuk pak?

Pak Dosen : Oh iya, silahkan masuk!

Saya : Boleh duduk pak?

Pak Dosen: Iyah, silahkan duduk!

Hening sejenak kemudian, sambil saya memperhatikan beliau lagi memperhatikan lembar jawaban dari UAS (Ujian Akhir Semester) milik mahasiswa lain.

Pak Dosen : Ada apa ? (sambil menatap saya)

Saya : Jadi begini pak. Saya datang pak, Untuk memastikan bahwa nilai mata kuliah saya bisa lulus pak.  Tak mengapa C pak? Asalkan lulus pak karena saya ingin Wisudah di bulan 10 tahun ini pak.

*kayak gak tahu diri banget. Seenak jidat minta lulus.hihi

Pak Dosen : Kamu dari jurusan mana?

Saya : Dari jurusan Ilmu Komunikasi Sospol pak

Pak Dosen: Nama Kamu siapa?

Saya : Saya Fachrie Lantera pak.  Lantera, pak!

Pak Dosen : Oh iya, saya kenal kamu. Saya hafal nama kamu! Nama kamu saya ingat, saya hafal.

*gimana gak diingat, nama saya urutan paling atas, angkatan 2010 di Ilmu Komunikasi UIM yang masih tertinggal, gak lulus hihi

Saya : Jadi bagaimana pak?

Pak Dosen : Masalahnya apa?

Saya : Saya jarang masuk pak. Mungkin hanya 50% lebih kehadiran saya pak.

Pak Dosen : Tunggu saya cek dulu absensi kamu.

Pak Dosen mengambil daftar kehadiran mahasiswa

Pak Dosen: Ah bukan lebih dari 50%. Tetapi pas-pas 50%. Kamu seakan-akan membagi-bagi kuliah kamu!

Mati dah, siap-siap tambah dimarahin

Saya : Jadi bagaimana pak?

Pak Dosen : Masalah absensi adalah masalah penting bagi saya. Coba lihat ini (sambil memperlihatkan kertas ujian mahasiswa, Kemudian mengambil daftar kehadiran mahasiswa tersebut.) Kamu lihat karena kehadirannya full, maka langsung saya beri nilai 4. (menulis angka 4 yang berarti A.  tanpa nilai hasil ujiannya).

Saya : Jleb, wadduh bisa-bisa mampus saya ini!

Pak Dosen : Kamu lihat ini? (sambil memperlihatkan lagi kertas ujian mahasiswa, kemudian mengecek kehadiran mahasiswa tersebut). Mahasiswa ini satu kali izin, dari total pertemuan. Tidak pernah alfa. Langsung saya beri nilai 3. (itu berarti B).

Saya : Ingin langsung mengelus dada. Tetapi karena di depan pak Dosen. Jadi saya hanya mengimaginasikannya saja.

Pak Dosen : Ya sudah, nanti kamu ikut ujian saja. Nanti saya lihat apakah bisa menolong atau tidak! (Dengan muka sebel)

Saya : Iya pak. Saya pamit dulu pak.

Pak Dosen : Iyah silahkan!

Saya pikir nilai ujian saya belum tentu menyelematkan saya mengenai ini. Tetapi saya berharap kemurahan hati beliau. Gila banget tuh pak Dosen. Jadi  biar kita  gak tahu apa-apa pas ujian. Asalkan kamu hadir terus selama dia membawakan kuliah. Maka tentu nilai kamu A. Yang satu kali ijin saja langsung dapat B. Gimana saya yang hadirnya Cuma 7 kali dari 14 kali pertemuan. Oh kasihan saya !

Ujian untuk mata kuliahnya saya sudah jalani kemaren Hari senin, 2 Februari 2015. Saya rasa saya hampir menjawab dengan benar semua ujiannya. Yah tapi kalau mengingat daftar kehadiran saya. Saya hanya langsung berpikir. Oh biarlah Allah yang menentukan ini. Bisa saja hati pak Dosen ini diarahkan oleh Allah untuk menjadikannya C. Asal Lulus Pak !

*saya sampai mencium tangan beliau loh pas sudah shalat dzuhur berjamaah dengannya. Kentara banget menjilat yak. Hihi

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Daily Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

