Didik Muslim

Jumat 6 Februari 2015 saya shalat di Masjid Ikhtiar di Perumahan Dosen Universitas Hasanuddin. Saya jika tidak benar-benar mendesak, semenjak saya ngekos lagi dekat kampus Universitas Hasanuddin (UH), saya selalu datang ke Masjid itu shalat Jumat. Ada kejadian menarik untuk saya jadikan bahan renungan.

Sewaktu saya mendengarkan Khutbah Jum’at saya melihat anak SMP yang  berbaju seragam olahraga. Di belakangnya tertulis dengan jelas Sekolah Bertaraf International. Mereka saling mencubit dan saling memukul-mukul tanpa memperhatikan khutbah Jum’at. Saya ingin menegur. Tetapi saya pernah mendengar ceramah tentang shalat jum’at bahwa tidak boleh menegur ketika khatib sementara khutbah sekalipun hanya untuk menegur untuk menyuruh dia diam. Sehingga saya membatalkan niat saya.
saya kemudian mulai berpikir? Apakah gurunya tidak mendidik mereka? Ataukah orangtuanya tidak mendidik mereka? Ataukah mereka memang benar-benar bandel. Anggap lah ada 5 orang anak. 4 orang itu sudah selalu ditegur sama orang tuanya. Tetapi yang 1 ini tidak pernah dan bandel, serta memiliki pengaruh lebih besar. Apakah ke-empat anak ini jadi akan ikut ikutan untuk bermain-main dalam khutbah jumatan.

Saya kemudian berpikir, wah memang sulit yah nanti jadi orang tua atau bapak. Kita tidak akan tahu bagaimana anak kita nanti dalam berperilaku. Tetapi kita harus betul-betul berjuang untuk mendidiknya. Terlebih lagi kita seorang muslim. Kalau bukan kita siapa lagi?

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Islam, Kegelisahan Hatiku, Mungkin Anda Tahu. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

