Menulis Itu Tidak Mudah

Bagi saya menulis itu tidak mudah. Karena bagaimana kita mentransfer apa yang akan kita beritahu ke orang lain melalui tulisan itu. Isi dari tulisan itu bagaimana dimengerti dengan baik dan tidak ada bias di dalamnya. Apalagi jika kita harus menulis sesuatu itu agar terlihat menjadi lebih menarik untuk dibaca. Rangkaian kata-kata yang baik untuk penyampaian sesuatu tentu jauh lebih baik dibandingkan rangkaian kata-kata yang urak-urakan. Saya ingin belajar lebih dalam lagi tentang dunia menulis. Saya menulis apa adanya. Dan saya tidak tahu apakah orang mengerti apa yang saya tuliskan. Semisal saya hanya menuliskan blog, yang merupakan isi pikiran saya, kehidupan saya, tanggapan saya terhadap sesuatu. Saya melakukan ini sudah hampir 3 tahun dan saya belum terlalu baik di dalam menulis blog. Tidak seperti orang lain yang hebat dalam menuliskan tulisan itu.

Saya juga tidak pernah ikut lomba menulis. Ah memang saya tidak berniat untuk itu. Saya pun belum pernah melayangkan sebuah tulisan untuk diterbitkan di sebuah koran. Hahaha terlalu jauh untuk sampai ke situ.

Tulisan itu lebih berbahaya daripada kata-kata. Hal itu dipahami oleh banyak manusia berpikir. Karena tulisanlah yang membuat seseorang bergerak. “Words is more danger then blade”. Entah siapa yang mengatakan itu. Saya membayangkan saja mereka para novelis, para skriptor, atau para pujangga yang terus menulis puisi-puisi cinta dan perjuangan yang dimilikinya. Mereka adalah orang-orang hebat.

Para mahasiswa s1 yang menulis skripsinya sendiri, para s2 yang menulis tesisnya sendiri, para s3 yang menulis sendiri desertasinya. Mereka adalah orang-orang hebat juga. Para scientist yang menulis jurnal mereka. Para scientist yang menulis hasil riset mereka ke dalam sebuah buku. Para pemikir yang menuliskan isi pikiran mereka. Saya rasa mereka adalah orang-orang yang hebat.

Saya tidak akan berhenti menulis hanya karena saya belum bisa memberikan sebuah tulisan yang dapat dimengerti dengan baik. Saya akan terus menulis, meskipun menulis blog saja dulu, meskipun menulis itu tidak mudah.

About Fachrie Lantera

Seseorang dapat dinilai dari tulisannya. Saya seorang yang senang membaca tulisan seseorang dan mengenalnya lewat tulisannya.
This entry was posted in Curhat, Ilmu Komunikasi, Kegelisahan Hatiku. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

